Selasa, 04 Desember 2007

Kompetisi Film Dokumenter Indonesia FFD 2007


Kategori Umum

Jakarta Beda

Sakti Parantean, Jakarta, 17 min, Prod: Fictionary Media Technology, 2007

Terjebak macet adalah makanan sehari-hari penduduk Jakarta. Hal ini juga selalu dialami Agus ketika menyusuri jalanan ibukota. Tapi hari itu, awal 2007, Jakarta kedatangan "tamu" tahunan yang tak diundang: Banjir. Kendaraan tak lagi menyemut di jalanan, melainkan memenuhi jalan layang. Agus yang juga tengah “melayang” dikawal polisi dan berusaha menemui rekannya yang terjebak banjir. Ia menyusuri jalanan yang terendam di Jakarta yang hari itu tak lagi sama. Jakarta Beda!

Stuck in the traffic jam is daily activity for Jakarta inhabitant. Agus always feels it when go along the street. But that day, earlier of 2007, Jakarta got an uninvited guest : flood. The vehicles not only full fill the road, but also the fly over. Agus was drifting guarded by the police and try to meet his friends who trapped by the flood. Goes along in Jakarta was different.

Jum’at, Dec 14 |17.00| Vredeburg 1


Laut yang Tenggelam (The Drown Sea)


Yuslam Fikri Ansari (Yufik), Bandung, 94 min, Prod: Komunitas Perfilman Intertekstual (KoPi), 2007

Akibat sedimentasi terus-menerus, Laguna Sagara Anakan yang terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Nusa Kambangan, mengalami pendangkalan. Dari tahun ke tahun, luas Sagara Anakan kian menyempit, bentang alam pun berubah: tanah timbul terus bermunculan, membentang dan sebagian di antaranya menempel di sepanjang Pulau Nusa Kambangan yang selama ini lebih dikenal sebagai "pulau penjara". Masyarakat Kampung Laut yang hidup di sekitar Sagara Anakan yang merupakan masyarakat nelayan, sebagian di antaranya kemudian mulai beralih profesi menjadi petani: "nunut nandur" di tanah timbul yang dulunya adalah laut tempat mereka menyandarkan hidup. Di balik kecemasan akan pertanyaan, tanah timbul yang dulunya adalah laut tempat mereka menyandarkan hidup itu milik siapa, tak hentinya pula mereka berjuang demi mewujudkan sebuah harapan: tanah yang tadinya laut itu kelak akan bisa menjadi milik mereka.

The Segara Anakan Lagoon is transforming into land due to silt buildup. Faced with having to give up fishing, the local people search tentatively for a new lifestyle, occasionally singing as they come to terms with their new land and its scenery.

Kamis, Dec 13 |16.30| Vredeburg 1


No Clear!

K Ardi, Yogyakarta, 15 min, Prod: LkiS, 2007

Pemerintah Indonesia berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Semenanjung Muria, Jepara, Jawa Tengah. PLTN Ini dijadwalkan 2016 sudah beroperasi. Film ini merupakan interview terhadap warga Desa Balong (desa yang paling dekat dengan tapak PLTN) tentang rencana tersebut.

Indonesian government plan builts nuclear electricity power plant in Semenanjung Muria, jepara, central Java. They scheduled, on 2016 this nuclear electricity power plant can perform completely. This film shows depth interview about the plan to Balong’s Citizen, Balong is the nearest village from nuclear electricity power plant.

Selasa, Dec 11 |19.00| Vredeburg 1


Restaurant Indonesia

Dhani Agustinus, Jakarta/France, 23 min, 2007

Restaurant Indonesia, membela harkat dan martabat bangsa. Kisah perjuangan para pendiri Restaurant Indonesia di Paris, Perancis. Pendiri yang sebagian adalah pengungsi politik yang tidak bisa pulang ke Indonesia untuk waktu yang cukup lama pada zaman Orba karena diindikasikan terkait dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) sepakat untuk memberi akses pekerjaan kepada rekan-rekan senasib agar tidak selalu bergantung pada pemerintah Perancis. Suka, duka, kendala, dan masalah menghadang mereka, termasuk diboikot oleh pejabat-pejabat di Jakarta ketika pemerintahan Orba. Perjalanan yang panjang menempa kelangsungan restoran ini, sampai kemudian dianggap sebagai salah satu wakil kebudayaan Indonesia di Perancis.

Indonesian restaurant assists national values and prestiges. Its about the effort of indonesian restaurant founder in Paris. Part of the founder was political refugee who couldn’t return home for a long time on Orde baru regime, because they were indicated hooked with PKI (Indonesian Communist Party). They were made an agreement to give acsses for their colleague not to depend on Franch government. Happines and sorrow happened to their activity, for example boycotted by government functionary in Jakarta. It was a long story, until the reataurant became Indonesian representative culture in Paris.

Jum’at, Dec 14 |17.00| Vredeburg 1


Serpihan Hati

Rabernir, Yogyakarta, 10 min, prod: Picture Talks, 2007

Gempa mengguncang Jogja, Mei 2005. Dua tahun setelahnya, masalah masih melekat erat dengan korbannya. Film ini mengangkat kisah pahit tentang bantuan gempa yang jadi alasan poligami.

Two years after Jogja earthquake, problems still so close with the victim. This documentary shows an unpleasant story about erathquake aid fund, which became the reason for polygamy.

Selasa, Dec 11 |19.00| Vredeburg 1


Suaktimah

Fozan Santa, Banda Aceh, 36 min, Prod: Lakasspia, 2006

Seorang pelukis tua, korban dan saksi mata ombak raya tsunami 2004 di Aceh. Ia trauma. Ia melukis peristiwa itu sebagai catatan buat anak cucu. Lalu ia keliling Aceh, mengajar lukis anak-anak korban tsunami. Mengajak mereka gembira sambil melepas trauma ombak dalam lukisan.

An old artis, a victim and eyewitness of tsunami on 2004 in Aceh. He was shocked. He painted the story as notes for his son and grandchild. Then he walk around the city to teach the children. Lead them to happyness and lead to push their bad memories though their painting.

Selasa, Dec 11 |19.00| Vredeburg 1


Water from Heaven

Wawan Sumarmo, Jakarta, 15 min, Prod: DAAI TV, 2006

Badruzaman, seorang anak SD, harus menyeberangi sungai yang arusnya deras agar bisa sampai di sekolahnya. Sekolah dengan fasilitas minim dan bocor saat hujan, sungai yang meluap dan memaksanya menginap di sekolahan, tidak menyurutkan semangat Badruz untuk bersekolah demi mengejar cita-citanya.

Badruzaman was an elementary school students, He must across the river on swim just for going to school. The school’s condition sometime makes him stay overnight when downpour and the river water bubles up. These lacknes didn’t make him surrender, to catch his dream.

Jum’at, Dec 14 |17.00| Vredeburg 1

1 komentar:

test mengatakan...

minta link buat download film nya dong.. atw jalan cerita nya.. pleace.. di tunggu secepatnyaa.. penting bgt.. bwt tugas UTS